Agar Anak Lahir Cerdas, Konsumsi Asam Folat untuk Ibu Hamil

asam folat untuk ibu hamil

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil sangat berpengaruh bagi bayi yang akan lahir. Sehingga, Anda perlu menjaga asupan nutrisi selama masa kehamilan. Percayakah Anda jika dengan mengonsumsi 10 makanan sehat untuk ibu hamil ini akan membuat anak yang lahir menjadi lebih cerdas? Mari simak faktanya berikut ini:

  • Telur

Sebagai sumber protein, telur sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Panganan yang harganya terjangkau dan mudah ditemukan ini memiliki banyak manfaat. Kandungan di dalamnya berupa zat Choline dapat membantu perkembangan otak bayi. Sehingga, di kemudian hari, anak yang lahir akan menjadi lebih cerdas.

  • Ikan Salmon

Anak akan menjadi lebih pintar dan cemerlang jika sang ibu ketika hamil rutin mengonsumsi salmon. Di dalam ikan salmon terdapat omega-3 yang baik untuk mendukung kecerdasan. Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam folat untuk ibu hamil yang lebih sehat.

Sebaiknya Anda masak makanan sehat untuk ibu hamil ini dengan cara direbus. Hindari penggunaan mecin dan bahan tambahan lain saat mengolahnya.

  • Susu dan Produk Susu

Di dalam susu, terkandung beragam nutrisi seperti Vitamin B, zat besi, dan magnesium. Dengan meminum susu, kebutuhan tulang bayi dan ibu dapat terjaga dengan baik. kandungan prebiotiknya juga bisa membuat Anda dan bayi terhindar dari infeksi bakteri, serta menjadi zat anti alergi yang baik.

Jika Anda kurang suka mengonsumsi susu, bisa menggantinya dengan produk olahan susu. Seperti yoghurt, keju dan sebagainya.

  • Ubi

Tidak ada yang menyangka jika ubi memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Serta berperan penting untuk membangun kembali sel-sel pada janin. Konsumsilah ubi setiap hari dengan cara direbus.

  • Kacang Polong

Selain bisa mencerdaskan bayi, kacang polong juga baik untuk menjaga berat badan bayi ideal. Bagi ibu, mengonsumsi kacang polong secara rutin selama masa kehamilan dapat membuatnya tidak lemah saat proses persalinan.

  • Alpukat

Alpukat terkenal dengan kandungan lemak nabatinya yang baik untuk kesehatan. Bagi ibu hamil, alpukat bisa memenuhi kebutuhan berbagai macam vitamin. Sebab, di dalamnya terdapat vitamin K, E dan B yang cukup tinggi.

  • Daging Tanpa Lemak

Daging adalah sumber energi yang baik untuk manusia. Seperti yang telah umum diketahui, kebutuhan energi ibu hamil bisa berkali lipat lebih tinggi ketimbang orang normal. Untuk itu, konsumsi daging bisa membuat ibu hamil lebih kuat dan semangat menjalani hari-harinya.

Makanan sehat untuk ibu hamil yang satu ini juga memiliki kandungan gizi yang lengkap. Salah satunya adalah protein yang memiliki peran membangun sel-sel tubuh, termasuk juga sel otak sang cabang bayi.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang termasuk makanan sehat untuk ibu hamil adalah bayam, brokoli, dan sebagainya. Usahakan memilih sayuran yang warnanya hijau pekat. Sebab, di dalamnya terkandung antioksidan, vitamin A, kalsium, potassium, dan serat yang tinggi. Perkembangan janin akan lebih baik dengan asupan sayur hijau.

  • Minyak Ikan

Minyak ikan yang sering digunakan sebagai multivitamin bagi ibu hamil adalah minyak ikan kod. Saat ini, Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk kapsul. Konsumsi minyak ikan sangat baik untuk proses perkembangan otak dan penglihatan janin.

  • Buah berries

Vitamin C dalam buah berries dapat membantu kulit bayi tetap sehat. Juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh bayi dalam kandungan, sehingga setelah lahir, bayi Anda menjadi lebih kebal terhadap berbagai jenis penyakit.

Berbagai nutrisi ekstra memang diperlukan ibu yang sedang mengandung. Salah satunya adalah asam folat. 

Nah, pastikan selama hamil Anda rutin mengonsumsi 10 jenis makanan  di atas, ya!

Baca Juga :  Cara Memandikan Bayi dengan Mudah dan Benar

Related Post