Cara Memijat Bayi dengan Benar dan Langkah-Langkahnya

cara Memijat Bayi

Pijatan hangat pada bayi Anda dapat memberikan banyak manfaat untuk si kecil, memijat bayi dengan lembut dapat memberikan kenyamanan kepada bayi disertai dengan mengajak si kecil berbicara dan menyanyi agar sambil menikmati suasana berdua dengan Anda.

Pijatan yang Anda berikan tidak hanya mendekatkan ikatan Anda sebagai ibu dengan sang buah hati, ada banyak manfaat lainnya dari pijatan yang dapat dirasakan oleh sang buah hati. Diantaranya seperti:

Membuat bayi supaya tidur pulas, membuat bayi menjadi rileks, memberikan efek nyaman pada bayi, membuat bayi menjadi jarang menangis, mengurangi rasa sakit pada bayi, meningkatkan sirkulasi darah pada bayi, meningkatkan berat badan bayi, mendukung kekuatan otot dan tulang sang bayi, mendukung perkembangan mental dan fisik bayi, dan banyak manfaat lainnya yang dirasakan oleh bayi Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai cara memijat bayi dengan benar dan membuat bayi Anda nyaman dan tenang dengan pijatan lembut yang Anda berikan.

Sebelum memijat bayi pastikan Anda menyiapkan ruangan dengan suhu yang hangat agar tercipta suasana yang tenang dan nyaman. Setelah itu Anda siapkan segala kebutuhan untuk memijat bayi seperti minyak zaitun atau baby oil, pakaian bayi, handuk bersih, dan alas untuk bayi yang empuk dan hangat.

Langkah-Langkah Cara Memijat Bayi

cara Memijat BayiJika Anda sudah siapkan semua peralatan untuk memijat bayi, Anda sudah bisa memulai memijat lembut bayi Anda dengan langkah sebagai berikut.

Dimulai dari memijat kaki yaitu pangkal paha hingga ke bawah. Pada area pangkal paha hingga kebawah adalah area yang kurang sensitive pada bayi jadi bagus untuk memulai sebuah pijatan. Setelah memposisikan bayi dengan hat-hati tuang sedikit minyak ke telapak tangan Anda lalu gosokkan terlebih dahulu pada telapak tangan Anda, setelah itu mulailah pijat lembut bagian paha kea arah bawah dan turun ke area betis, lakukan ini dengan lembut dan hati-hati ya.

Baca Juga :  Cara Memandikan Bayi dengan Mudah dan Benar

Setelah pad area kaki, Anda langsung bisa memulai memijit punggung kaki, lakukan gerakan dengan gerakan memutar secara lembut dan perlahan. Anda dapat memberikan sedikit usapan minyak zaitun saat memijat bagian pergelangan kaki bayi sampai pada jari kaki bayi.  Jika sudah, Anda memijat jari-jemari bayi secara perlahan. Ambil tiap jari memakai ibu jari dan jari telunjuk Anda, lalu tarik dengan gerakan yang lembut.

Usai memijat bagian tungkai, kini Anda dapat beralih untuk memijat bagian lengan. Mulai dari lengan bagian atas hingga pergelangan tangannya Anda usapkan minyak zaitun sedikit, lalu putar lembut bagian tungkai ini beberapa kali dengan pijatan yang lembut.

Selanjutnya pada bagian dada, letakkan kedua tangan Anda pada dada sang bayi, lalu pijat dengan lembut kea rah luar dengan menekan lembut dadanya menggunakan telapak tangan Anda. Ulangi gerakannya beberapa kali, kemudian pijat lembut kea rah paha bayi dengan perlahan.

Pada bagian punggung, posisikan sang bayi dalam keadaan tengkurap, kemudian pijat area tulang belakang yang dimulai dari leher hingga bokong, pada posisi posisi punggung ini disarankan untuk hati-hati ya. Akhiri pijatan bayi dengan pijatan dari bahu hingga kakinya, pijatan memanjang pada area tersebut.

Setelah selesai memijit, Anda bisa memakaikan popok dan baju, serta memeluk dan menciumnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan cara memijat bayi yaitu waktu dilakukannya. Waktu terbaik untuk memijat sang bayi adalah ketika ia dalam kondisi yang tenang, selain itu jangan pijit bayi dalam kondisi yang lapar atau kenyang karena akan memberikan efek yang membahayakan nantinya.