Pilihan Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

makanan yang baik untuk ibu hamil

Masa-masa kehamilan adalah masa rentan bagi ibu hamil, karena selain menjaga kesehatan anda, juga menjaga kesehatan janin anda. Perkembangan kesehatan bayi dalam kandungan sangat bergantung kepada nutrisi yang anda konsumsi saat sedang hamil. Pada masa kehamilan 1-3 bulan janin baru mulai tumbuh dan memerlukan asupan bergizi yang baik supaya bisa berkembang dengan baik. Lalu apakah benar ibu hamil harus makan lebih banyak saat kondisinya sedang hamil? Tentu tidak benar, Pada masa kehamilan, makanlah yang mengandung banyak vitamin, mineral, asam folat untuk menghindari cacat bawaan, kalsium dan protein untuk pembentukan jaringan tubuh dan tulang bayi. Jadi jika anda memulai hidup sehat saat anda belum hamil, anda harus menerapkan pola hidup dan makanan yang baik untuk ibu hamil dan juga anda.

Berikut ini adalah beberapa kelompok makanan yang baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin

Sayur

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, wortel, kale banyak mengandung vitamin A, K, C antioksidan, dan asam folat yang penting bagi kesehatan mata bayi, selain itu sayuran juga memiliki zat besi untuk memperlancar asupan oksigen ke janin.

Buah

Buah adalah makanan yang baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin, buah seperti blueberry, raspberry, stroberi cocok dijadikan buah sehat untuk ibu hamil. Buah blueberry, raspberry, dan stroberi mengandung vitamin c, potasium, asam folat dan serat pangan yang sangat baik. Annda juga dapat mengonsumsi buah dengan antioksidan tinggi seperti manggis, pepaya, jeruk, dan jeruk nipis.

Daging

Daging adalah kelompok makanan yang kaya akan protein, disarankan untuk makan daging tanpa lemak, dan jika usahakan anda mengolah sendiri daging tersebut, hindari daging olahan seperti sosis, nugget, yang mungkin mengandung bakteri. Sebisa mungkin anda harus memilah jika daging adalah makanan kesukaan anda.

Baca Juga :  Cara Memijat Bayi dengan Benar dan Langkah-Langkahnya

Ikan

Ikan mengandung omega 3 yang tinggi, baik untuk pembentukan otak dan retina mata janin, salah satu ikan yang memiliki kadar omega 3 tinggi adalah ikan salmon. Hindari menggoreng ikan karena dapat merusak omega 3. Pastikan untuk memasak telur yang benar-benar matang.

Telur

Telur kaya akan kolin, protein, kalori, lemak, vitamin dan mineral yang mendukung perkembangan otak dan tubuh janin, ikan salmon kaya akan omega 3 yang baik ibu dan perkembangan janin. Selain itu telur turut serta membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf.

Makanan Berkarbohidrat

makanan yang baik untuk ibu hamil

Makanan yang mengandung sumber karbohidrat seperti oatmeal, roti gandum, nasi merah dan sebagainya merupakan makanan yang baik untuk ibu hamill dan perkembangan janin karena seperti gandum kaya akan vitamin E. Ubi jalar dapat menjadi rekomendasi bagi anda karena kaya akan beta karoten dan vitamin A, vitamin ini esensial untuk difeensiasi sel dan jaringan, sehingga penting untuk perkembangan janin.

Susu Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan sejumlah nutrisi seperti kalsium, vitamin D, asam folat, serta lodium. Nutrisi tersebut bisa didapat dari susu ibu hamil yang dijual di toko susu. Sebelum anda mengonsumsinya perhatikan apa saja kandungan susu, perhatikan apakah susu telah melewati proses pasteurisasi, susu yang belum di pasteurisasi seperti susu mentah yang langsung dari sapi, bisa mengandung mikroorganisme berbahaya. Proses pasteurisasi dilakukan untuk membunuh bakteri jahat dengan menggunakan suhu tinggi, tetapi tidak akan merusak kandungan susu. Anda dapat melihatnya pada kemasan susu.

Related Post