Mau Bayi Lahir Sehat? Konsumsi Buah-buahan Penambah Berat Badan Janin Ini!

buah-buahan penambah berat badan janin

Setiap ibu tentu ingin anaknya lahir dengan sehat tanpa kekurangan sesuatu apa pun. Akan LEBIh membahagiakan lagi apabila bayinya lahir dengan berat yang sesuai dan tumbuh berkembang tanpa hambatan. Untuk bisa mendapatkannya, para ibu perlu memperhatikan gizi bayi sejak masih dalam kandungan alias sejak anak masih berupa janin. Dari situ, gizi yang dimakan oleh ibunya sudah mulai diserap dan akan memengaruhi proses tumbuh kembangnya sampai lahir ke dunia.

Mungkin bukan rahasia umum bahwa seorang ibu hamil perlu memberikan nutrisi berupa karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh. Semua itu bisa didapatkan dari berbagai makanan penambah berat badan janin, seperti daging sapi dan ayam tanpa lemak, ikan salmon, dan kacang-kacangan. Namun, tak lupa juga nutrisi tambahan berupa vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Kali ini, kami akan membahas secara khusus buah-buahan penambah berat badan janin yang bisa dikonsumsi para ibu selama masa kehamilan sampai menjelang kelahiran.

  1. Alpukat

Ibu hamil juga butuh asupan lemak, salah satunya bisa didapatkan dari alpukat. Alpukay adalah buah yang mengandung lemak tak jenuh dan kalori yang cukup tinggi, sampai sekitar 400 kalori per buah. Bukan hanya itu, alpukat juga tinggi asam folat, vitamin, mineral, dan serat sehingga nutrisinya mudah diserap tubuh. Alpukat juga mengandung zat besi, kalium, dan kolin yang semuanya sangat berguna bagi janin karena bisa menghindari bayi lahir cacat atau memiliki gangguan dalam masa tumbuh kembangnya. Memang, sih, buah ini bukan favorit semua orang. Kalau kamu bukan penggemarnya, kamu bisa buat jus alpukat atau jadikan smoothie dan dicampurkan dengan buah lainnya.

  1. Apel

Apel banyak dijadikan buah pendamping diet sehat karena mengandung serat yang tinggi serta vitamin A dan vitamin C. Namun, ternyata apel juga mengandung kalium yang sangat penting untuk mempersiapkan daya tahan tubuh bayi sejak masih dalam kandungan. Kalau kamu tak ingin anak mengalami alergi sampai gangguan pernapasan, seperti asma, maka konsumsi buah apel selama masa kehamilan terbukti dapat mengurangi risiko tersebut.

  1. Pisang

Rasanya yang manis, seratnya yang tinggi, dan harganya yang murah menjadikan buah yang satu ini favorit banyak orang. Pisang adalah buah yang kaya akan kalori sehingga selalu efektif digunakan untuk diet menaikkan berat badan. Selain tinggi kalori, pisang juga kayak akan potasium dan serat yang dapat menjadi sumber energi bagi ibu hamil. Kandungan vitamin B6 dan C di dalamnya juga ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau kamu bosan makan pisang dengan cara yang itu-itu saja, kamu bisa buat smoothies pisang yang dicampur dengan buah-buahan lainnya yang juga sangat penting untuk kesehatan ibu hamil.

  1. Buah-buahan kering

Buah beri dan aprikot yang dikeringkan bisa jadi cemilan sehat berkhasiat  untuk ibu hamil. Buah kering memiliki kandungan gula alami yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Perlu diketahui, supaya janin selalu sehat dan bisa menyerap nutrisi yang cukup, ibu hamil perlu menambahkan 100 kalori gula alami. Dengan begitu, berat badan janin dan akan meningkat tanpa memberikan pengaruh besar terhadap berat badan ibunya.

Selain itu, buah aprikot dan beri yang dikeringkan dipercaya dapat mencegah infeksi saluran kemih sehingga juga bermanfaat untuk ibu hamil. Buah-buahan kering ini juga bisa dicampur dengan kismis, kacang mete, kacang tanah, dan almond yang mengandung kalori yang baik untuk menambah berat badan janin.

  1. Mangga

Buah ini mungkin familier dan identik dengan ibu yang sedang hamil muda. Ya, tak jarang yang “ngidam” mangga muda yang sangat asam saat usia janin masih sangat muda. Tapi, ternyata konsumsi mangga secara teratur juga dapat meningkatkan berat badan janin, loh. Tapi, bukan mangga muda, melainkan mangga biasa yang kayak akan vitamin dan kalori. Untuk ibu hamil, pastikan seluruh buah yang dimakan adalah buah organik yang tidak tercemar pestisida.